Hukum Meninggalkan Puasa

Irfan Zidneymengirim keSinar Agama

3 jam yang lalu

Salam. Ustadz, bagaimana cara mengganti puasa yg batal?

Sinar Agama: Salam dan trims pertanyaannya:

Kalau dlm membatalkannya itu tdk sengaja, spt sakit atau haidh dll-nya yg secara syariat dibolehkan meninggalkan puasa, mk tinggal menggantinya saja di hari2 lain setelah Ramadhan habis. Harinya boleh dipilih

sesuka hati dan jangan sampai tdk menggatinya sampai ke Ramadhan yg akan datang. Kalau sampai ke Ramadhan yg berikutnya, mk selain penggantian itu, jg harus membayar denda dimana untuk setiap harinya dikenai denda 8 ons sampai 1 kg beras.

Kalau meninggalkan puasanya itu dg sengaja, mk selain qodho di atas, mk diwajibkan jg membayar denda (kaffarah). Yaitu pada setiap hari puasa Ramadhan yg ditinggalkannya itu, dikenai denda membayar salah satu dari tiga denda ini: Membebaskan budak, atau memberi makan pada 60 orang miskin/fakir atau berpuasa 2 bulan berturut-turut.

Kalau dlm membatalkan puasanya itu dg yg haram, spt makan harta haram, onani, zina… dan semacamnya, mk selain qodho itu, mk juga harus membayar ketiga kaffarah di atas tsb.

Catatan:

Kaffarah pembebasan budak, tdk bisa dipilih pada saat sekarang untuk kaffarah yg memilih dari ketiga kaffarah di atas itu. Hal itu, karena pada masa sekarang sdh tidak ada lagi perbudakan. Tp untuk kaffarah yg mewajibkan ketiganya, mk dpt diganti dg istighfar. Tp untuk kedua lainnya, wajib dilakukan.

Kalau kita punya hutang kaffarah2 ini, mk diusahakan untuk dicatat dg baik dan diusahakan semaksimal mungkin untuk dibayar walau dg mencicil dan menabung (spt 60 x harga perbungkus nasi). Putus asa dari taubat ini, dosanya lebih besar dari dosa asalnya. Karena itu, jgn putus asa atas rahmat Allah dan, sdh tentu usahakan untuk tdk melakukannya lagi.

Jawaban soalan di atas, sdh melebihi pertanyaannya, jd tolong dimaafkan. Saya menulis ini, bukan untuk penanya, kecuali yg menjelaskan qodho (penggantian) di atas. Smg saja bermamfaat untuk para pembaca sekalian, amin.

wassalam

selengkapnya

%d bloggers like this: