Ide/Khayal/Gambaran Menyambung dan Terpisah

Muhammad Dudi Hari Saputra

salam ustad ,, saye pernah menanyakan mengenai apa yg dimaksud dengan imaji mu’tassil dan munfassil.. dan ustad meminta saya utk memberikan tulisan arabnya,,

 berikut ustad tulisan arab nya…

 Mutasil : ﻣﺘﺼﻞ

Munfassil: ﻣﻨﻔﺼﻞ

mohon bimbingannya ustad,,

Sang Pencinta: Salam, seingat sy ust meninta antum membawakan Arabnya Imajinasi..afwan

Muhammad Dudi Hari Saputra: bntr,, saya cek,, mga saya tdk khilaf kali ini,,

Muhammad Dudi Hari Saputra: ini bahasa arab dari imajinas: خيال (hayula),,, mga saya tidak keliru,,,

Sattya Rizky Ramadhan: Sepertinya bacaannya khoyal ya mas…ikut nimbrung biar bisa nyimak🙂

Muhammad Dudi Hari Saputra: afwan,,, antum benar,,, khayal/khoyal,,, ^_^

Muhammad Dudi Hari Saputra: iya,,silahkan,,hhe,,,

Sinar Agama: Salam dan trims pertanyaanya:

1- Benar yg dikatakan Pencinta bhw yg saya ingin tahu adalah Khayal tsb yg diterjemahkan ke imajinasi.

2- SAya mmg blm merenunginya kata apa yg tepat untuk terjemahan khayal itu. Akan tetapi hati ini kurang sreg dg imajinasi ini.

3- Alasan kurang sregnya, karena sepintas imajinasi itu mengandungi keaktifan walau sangat tipis karena mmg bukan kata kerja spt berimajinasi. TErjemahan khayal, jg di indonesia lebih miring kepada khayalan yg sia2. Bgt pula, kurang sregnya alfakir karena kata imajinasi itu jg semacam memiliki artian penilaian atau menillai kareana ia dari kata imag yg, sering dipakai kepada imag baik atau tdk baik. SEmentara hakikat yg dijadikan obyeknya, terlepas dari itu atau, setidaknya mencakup hal itu dan yg lainnya sebagaimana akan dijelaskan di bawah.

4- Memang, banyak kata2 biasa yg dijadikan istilah ilmiah, baik bahasa arab atau ingris. Jadi, dg mendefinisikannya, merupakan jalan terbaik dlm menjelaskan maksud ilmiahnya.

5- Untuk sementara ini, saya lebih suka pada “khayal”.

6- “Khayal” adalah wujud non materi yg tidak mutlak. Artinya kenonmateriannya hanya karena ia tidak memiliki beban/matter/kebendaan. Akan tetapi tetap memiliki sifat2 lainnya spt warna, bentuk, rasa dan semacamnya. Ilmu2 kita yg diambil dari dunia nyata yg, biasa jg dikatakan data, adalah salah satu dari hakikat Khayal ini.

7- Khayal ini, dpt berupa data mentah/tunggal (tak berhukum atau tak berketerangan spt api), atau rakitan yg tdk berhukum (spt “Kelau kena api”, atau spt “Apakah anda terkena api?” dll), atau rakitan berhukum (spt “Api itu panas” atau “Kalau anda terkena api maka akan kepanasan”).

8- Khayal ini, bisa berupa rakitan berhukum yg hukumnya (predikatnya) benar dan bisa jg yg salah. Data mentahnya jg bisa dari yg ada di dunia ini, spt api, bisa jg yg tdk ada spt “tiada” atau “kuda api”.

9- Jawaban Soal:

Setelah semua itu diketahui, mk Khayal ini ada dua macam, ada yg muttashil dan ada munfashil:

a- Khayal Muttashil/menyambung adalah khayal yg menyambung dg manusia, artinya yg ada pada manusia.

b- Khayal Munfashil/terpisah adalah ilmu2 yg ada pada wujud Barzakh yg berada di bawah derajat Akal-akhir.

wassalam.

selengkapnya

%d bloggers like this: