Ilmu Vs Ibadah???!!

Orlando Banderas

Ustadz, mau tanya. Dalam hadist dikatakan “Berfikir sesaat lebih baik dari ibadah 70 (atau mgk 1000) tahun”. Dimana 1 tahun ada 1 malam Lailatul Qodr. Pertanyaannya apakah berarti membahas ilmu lebih banyak pahalanya ketimbang sholat sunnah atau membaca AlQuran ? Trims Ustadz. Salam.

Sinar Agama:

SAlam dan trims pertanyaannya:

Mencari ilmu yg memiliki fadhilah spt itu, adalah ilmu yg dicari untuk diaplikasikan/diamalkan. Sdh tentu pahala mencari ilmu yg spt ini, melebihi semua ibadah2 tsb. Salah satu tanda dan buktinya, mk seluruh ibadah yg antum sebutkan di atas, atau apa saja, mk ia tdk mungkin ada dan dilakukan, kalau sebelumnya tdk diketahuinya terlebih dahulu. Jadi, ilmu itu jelas lebih afdhal dari amalnya. Tp ingat, ilmu ini tdk akan lebih afdhal dari amalnya kalau tdk diamalkan. Jadi, sebenarnya ketinggian ilmu itu ditentukan dg ilmu-pahaman dan ilmu-aplikatifnya. Karena salah satunya secara masing2 dan tanpa dibarengi yg lainnya, mk sulit mendatangkan pahala yg sebenarnya.

Imam Ja’far as pernah mengatkaan:

“Amal tanpa ilmu, ibarat musafir yg berjalan tdk di lorongnya yg benar. Karena itu, tdk menambah cepatnya perjalanannya, kecuali semakin jauhnya dari tujuannya.”

Jadi, amal tanpa ilmu, semakin banyak, akan semakin menjauhkan pelakunya dari tujuannya, yaitu Tuhan. Dan ilmu tanpa amal, mk ia sebenarnya bukan ilmu. Karena ilmu yg lengkap adalah yg dipahami dg akal-pahaman dan diamalkan dg akal-aplikatif. Karena itu imam Ali as mengatakan:

“Orang tahu yg tdk beramal, mk ia tdk tahu.”

wassalam.

Khommar Rudin: Allah humma shalli alla muhammad wa alli muhammad

wassalam

selengkapnya

%d bloggers like this: