Khitan Anak Wanita

Ksatria Langit

Salam ustad

Apa hukumnya khitan bagi anak perempuan dalam pandangan Fiqih AB??

Syukron

Sinar Agama: Salam dan trims pertanyaannya:

Khitan untuk anak lelaki itu wajib hukumnya, tp untuk anak perempuan maksimalnya adalah sunnah (mungkin jg tdk sunnah). Khitan lelaki dg memotong bungkusnya hingga terlihat seluruh kepalanya. Bagusnya di hari ke tujuh dan kalau tdk, mk kapan saja bisa dilakukan. Sedang khitannya anak perempuan adalah dg memotong sedikit (tdk semuanya) dari utilnya.

Asiayah Khadijah: salam..ustadz..mohon maaf saya ga paham,apanya yg dipotong? orang2 sunda biasanya melakukan khitan pd anak2 perempuanya.kan malu ustadz masa udah dewasa dikhitan,afwan..afwan..

Ksatria Langit: kalo gak di khitan gimana ustad?

Gak apa2 kah?

ada kah dampak negatif kalo anak prmpuan gak di khitan,baik itu karakternya maupun sosialnya.

Khommar Rudin: Allah humma shalli alla muhammad wa alli muhammad

Orlando Banderas: ‎@Ksatria, menurut Dr. Seksologi Boyke di salah satu program TV pernah mengatakan bahwa khitan perempuan sangat bagus dilakukan untuk mengendalikan syahwat si wanita ketika sudah dewasa shg harga dirinya terjaga. Salam.

Sinar Agama: Orlando, tp dianjurkan jg tdk dipotong semuanya, tp sedikit saja.

D-Gooh Teguh: Kalau di Jawa daerah saya maka itu hanya disilet tipis bagian klitorisnya… bahkan sekarang hanya sekadar ritual digosok kunyit saja…

D-Gooh Teguh: Ustadz Boyke suka ngawur tuh… Dia ambil referensi dari penelitian yang manakah itu? Kalau di Afrika mmg banyak yang dihabisi dari mayora, klitoris hingga minora-nya (PRAKTIS SADIS!). Dan sesungguhnya bukanlah syahwat si perempuan yang terkendali tetapi mmg ogah karena sex akan menyakitkannya…

Sinar Agama: Karena banyak jg yg protes karena katanya membuatnya tdk nafsuan. Kita walau tdk bisa memastikannya, tp saya tadi baca riwayat Nabi saww (sesuai dg pahamanku) yg menyuruh wanita pengkhitan anak wanita untuk tdk memotong banyak2 utilnya. Kasarnya jgn dipotong semuanya, tp hanya dikurangi sedikit saja.

D-Gooh Teguh: kalau pernah sakit sekali –> trauma dan itu karena faktor psikologis trauma… hormon yang mempengaruhi syahwat tidak terletak di situ kok jadi meski dipotong ya tetap aja cuman malas lha wong sakit.

Herman Hassan: saya tak melihat bahawa alasan utk mengkhitankan bagi kaum wanita mempengaruhi shahawatnya..anda boleh melihat realiti yg berlaku ketika ini..

Orlando Banderas: Menurut saya lebih baik khitan daripada tidak. Khan tdk menyakitkan dan pasti ada faedahnya.

Sinar Agama: SEkali lagi, khitan wanita ini tdk wajib dan bahkan mungkin tdk sunnah sekalipun. Banyak hadits dari Ahlulbait as yg mengatakn tdk sunnah. Tp kita tdk bisa pakai hadits dan hanya pakai fatwa. Dan saya sdh berusaha mencari fatwanya, tp tdk kunjung ketemu. Jadi, kesunnahanpun masih blm tentu. Dari berbagai riwayat dari jalur sunni, spt-nya mmg sunnah untuk dikhitan. Tp dari jalur Ahlulbait as, ada berbagai fersi. Jadi, selamatnya, kalaulah mau melakukan jg, lakukan spt yg kuanjurkan itu, yaitu memotong sedikit saja dan tdk dipotong semuanya (utilnya).

wassalam

sumber

%d bloggers like this: