Sumpah2 Tuhan

Anggelia Sulqani Zahra

Ustad Mohon Penjelasan Makna Ayat-Ayat ini :

 فَلَا أُقْسِمُ بِالشَّفَقِ

Aku bersumpah demi merahnya senjakala,

وَاللَّيْلِ وَمَا وَسَقَ

Demi malam dan apa yang diburunya,

وَالْقَمَرِ إِذَا اتَّسَقَ

Dan demi bulan tatkala purnama,

لَتَرْكَبُنَّ طَبَقًا عَن طَبَقٍ

Engkau pasti akan memasuki satu keadaan setelah keadaan lainnya.

Dan mohon penjelasan mengapa Allah menggunakan keadaan-keadaan tersebut !

terima kasih atas pencerahannya ustad..

Sinar Agama:

Salam dan trims pertanyaannya:

(1). Mungkin terjemahannya yg lebih bagus dari sisi makna adalah:

“Aku bersumpah demi merahnya senja. Demi malam dan apa2 yg terkumpul. Demi bulan tatkala purnama. Maka kalian (bukan kamu) akan memasuki satu keadaan setelah keadaan yg lain.”

(2). Tentang senja, malam dan bulan purnama adalah termasuk ayat2 Tuhan yg terjelmakan pada keindahan dan kesempurnaan susunan alamNya.

(3). Senjar, yg merupakan titik temunya siang dan malam, disamping indah, ia jg memberikan rasa takut pada manusia karena akan segera memasuki malam. Tentu saja, yg diperhatikan disini adalah esensi senja dan malamnya, bukan senja dan malam yg dipenuhi dg lampu2 dan dipenuhi keramaian pesta pora dan semacamnya.

(4). Malam jg merupakan ayat dan bukti keAgunganNya. Salah satunya adalah berkumpul kembalinya yg tercerai-berai. Manusia yg bekerja, binatang2 yg keluar dari sarangnya, ketika malam tiba, mereka segera kembali ke rumah/tempat masing2. Diantara hikmah malam, tentu tdk terbakarnya bumi. Bayangin saja, kalau permukaan bumi ini tdk ada malamnya, mk ia akan terus menerus disinari matahari dan, kalau hal ini terjadi seminggu saja, mk mungkin permukaan bumi sdh terbakar semuanya. Karena semakin hari, panas permukaan bumi akan semakin mejningkat.

(5). Bulan purnama jg spt itu. Karena itu, disamping indahnya, dpt memberikan penerangan tanpa harus menghilangkan esensi malam yg penuh hikmah itu.

Dengan merenungi semua itu, mk senja, malam dan bulan purnama, menunjukkan keagunannya dimana menunjukkan keAgunan Penciptanya. Nah, bagian2 alam yg disamping agungnya itu jg bisa menjadi petunjuk bagi manuisa akan Tuhannya (ayat) tsb, sdh pasti sangat layak untuk menjadi sumpah bagi Tuhan untuk manusia. Yakni untuk dijadikan sumpahNya.

wassalam

selengkapnya

%d bloggers like this: