Makna Mabok Yang Tidak Boleh Shalat

Hidayatul Ilahi 

salam ustad,,,,td saya membaca ayat ini “”‘Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan…” (QS. An-Nisaa’ : 43)””,,,,,

 saya mohon pencerahan asbabun nuzul ny ustad,,,,,afwan,,,

Sattya Rizky Ramadhan: Ijin nyimak..

Sinar Agama: Salam dan trims pertanyaannya:

(1). Mabok itu ada dua macam:

a- Mabok Badani: Yaitu hilangnya akal yg disebabkan hal2 badaniah atau materi, spt minuman keras, morvin, ganja dst.

b- Mabok Batin/ruh: Yaitu hilangnya akal yg disebabkan sambaran halilintar Tajalli Tuhan yg biasanya terjadi manakala seseorang mencapai maqam2 tertentu, terutama Fana’.

(2). Apapun sebab dari hilangnya akal itu, apakah sebelum diharamkannya barang2 yg memabokkan atau setelahnya, apakah karena hal2 materi badani atau batini ruhi, mk tidak boleh melakukan shalat.

Larangan itu, disebabkan karena orang yg hilang kesadaran akalnya, tdk akan mengerti apa2 yg dilakukannya dan diucapkannya.

Contoh hilangnya akan karena hal2 maknawi yg disebabkan Sambaran Halilintar Tajalli Tuhan, spt wanita2 Mesir yg mengiris-iris tangannya di saat melihat nabi Yusuf as. Nah, kalau melihat nabi Yusuf as saja sdh seperti itu, mk apalagi melihat Tajalli Tuhan. Inilah yg biasa disebut dg Keadaan Mahwun. Mereka2 ini jg tdk boleh shalat kecuali kalau sdh berhenti dari keadaan Mahwun-nya itu dan kembali menjadi sadar yg biasa disebut dg Shahwun.

Khommar Rudin: Allah humma shalli alla muhammad wa alli muhammad

wassalam

sumber

%d bloggers like this: